Penyakit Jantung

Serangan penyakit jantung adalah terhentinya aliran darah yang menuju kejantung dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati. Kardiovaskuler berasal dari kata cardio dan vascular. Cardio berarti jantung, vascular berarti pembuluh darah. Dengan demikian, kardiovaskuler artinya pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung. Kardiovaskuler disini adalah penyakit-penyakit pembuluh darah yang mempunyai hubungan langsung dengan kerja jantung.

Jantung bekerja memompa darah melalui jaringan pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh. secara klinis penyakit jantung terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah.

penyakit jantung

penyakit jantung

Berikut ini beberapa faktor penyebab penyakit jantung penyempitan pembuluh darah pada  :

1. Penyempitan pembuluh darah biasanya terjadi akibat proses arterosclerosis, yaitu terbentuknya bercak menebal pada dinding pembuluh arteri bagian dalam, sehingga mempersempit aliran darah ke otot jantung. Penyempitan itu bisa terus menebal hingga menutupi aliran darah dalam arteri koronaria yang akhirnya membunuh jantung. Proses arterosclerosis sering terjadi akibat faktor usia, yakni faktor yang tidak bisa dicegah karena proses alamiah.

2. Faktor bawaan sejak lahir. Faktor ini juga sulit untuk dikendalikan.

3. Terjadinya penumpukan kolesterol yang sebenarnya dibutuhkan untuk memelihara kelangsungan fungsi-fungsi organ. Meskipun demikian, jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, dan mempermudah terjadinya bercak pada dinding dalam arteri koronia.

Tanda atau gejala penyebab penyakit jantung

- Nyeri dada dan tubuh

Nyeri dada merupakan gejala umum penyakit jantung. Gejala ini lebih sering dirasakan oleh wanita karena penyumbatan arteri yang menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh tidak lancar. Kondisi nyeri pada dada juga dapat menyebabkan mati rasa dan kelemahan tubuh.

Nyeri tubuh menjadi pertanda kuat penyakit jantung. Nyeri tubuh pada pria dirasakan di bagian lengan sebelah kiri, sementara pada wanita biasanya pada kedua lengan. Rasa nyeri juga sering dirasakan bagian tubuh lainnya seperti bagian bahu, punggung siku, dan leher. Nyeri pada tubuh terjadi di beberapa titik yang disebabkan karena terjadi penyumbatan pada arteri.

- Sakit Kepala

Pada sebagian besar dari anda yang memiliki masalah pada jantung pasti akan merasakan sait kepala saat terkena paparan cahaya. Ini sangat berpengaruh pada denyut jantung, bisa denyut jantung menjadi lebih cepat atau lebih lambat. Terutama pada wanita yang sering mengalami migren atau gangguan visual. Wanita tersebut akan mengalami sakit kepala setidaknya 2 kali dalam sebulan. Sakit kepala seperti ini harus diwaspadai karena bisa saja ini merupakan gejala berkembangnya penyebab penyakit jantung.

Apabila pada saat anda merasakan sakit pada kepala dan mengalami denyut jantung yang tidak teratur, umumnya terjadi karena adanya penebalan otot. Penebalan otot ini terjadi pada ketup jantung dan dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pada katup yang dapat berakibat pada kebocoran.

- Kelelahan dan sesak nafas

Pada penderita penyakit jantung akan mudah lelah meskipun tidak melakukan kegiatan apapun. Rasa lelah yang anda rasakan juga akan menghampiri saat anda bangun tidur. Apabila anda merasakan hal seperti itu ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter pribadi anda. Sesak nafas disebabkan karena adanya penebalan pembuluh darah yang menghambat pasokan darah ke seluruh tubuh. Sesak nafas dapat menimbulkan penyebab lainnya seperti, denyut jantung yang tidak teratur, kelainan organ hati atau infeksi, penebalan otot jantung, serta kelainan pada katup jantung anda.

Penyebab penyakit jantung dapat dihindari dengan pola hidup yang sehat. Mungkin anda tidak menyadari bahwa ada beberapa jenis makanan yang anda makan setiap harinya memiliki potensi besar menyebabkan penyakit jantung. Untuk anda yang memiliki kelainan pada jantung sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan dibawah ini karena dapat menjadi penyebab serangan jantung.
Makanan penyebab serangan jantung antara lain:

– Makanan yang mengandung lemak berpotensi menjadi penyebab penyakit jantung apabila dikonsumsi secara berlebihan. Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, aneka produk susu, kelapa , dan minyak sawit yang dapat menyebabkan organ jantung dapat mengeras dan menyempit.

– Kuning telur yang berlebihan menjadi salah satu makanan yang berpotensi menjadi penyebab penyakit jantung. Namun dengan memakan telur dalam jumlah yang cukup tidak akan membahayakan kesehatan jantung anda. Karena mengkonsumsi telur dalam jumlah yang berlebihan akan meningkatkan jumlah kolesterol yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

– Makanan yang sering anda konsumsi sehari-hari seperti olahan keripik dengan berlebihan akan mengakibatkan kesehatan jantung anda menjadi terganggu. Ataupun makanan yang dipanggang maupun makanan cepat saji yang juga menjadi penyejab penyakit jantung jika dikonsumsi secara berlebih. Karena makanan ini mengandung lemak dan tidak baik untuk organ jantung anda.

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyebab penyakit jantung antara lain:

– Nyeri di daerah kedua lengan, punggung atas, leher, dan rahang yang tidak jelas penyebabnya sering kali berupa keluhan seperti diikat tali dengan kuat. Juga nyeri dada yang seperti ditekan benda berat yang dapat terjadi di seluruh bagian dada selama beberapa menit atau timbul hilag.

– Sulit bernafas dengan nyeri dada atau tidak dengan nyeri dada sekalipun. Serta pusing, rasa melayang, pingsan, gangguan susah tidur, yang terjadi tampa sebab yang jelas.

– Rasa lelah meskipun sedang dudu atau beristirahat yang dialami dnegan keringat yang berlebihan.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Penyakit Jantung and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>