Gejala Penyakit Jantung

Gambaran klinis atau gejala penyakit jantung yang timbul akibat arterosclerosis sangat tergantung pada berat ringannya penyumbatan. Pada penyumbatan yang berat biasanya terjadi infrak miocard accut atau kematian pada otot jantung, ditandai dengan angina pectoris, nyeri dada yang berlangsung selama 1-5 menit, kadang-kadang bisa 10-15 menit.

gejala penyakit jantung

gejala penyakit jantung

Berbagai gejala penyakit jantung yang timbul akibat sistem perdaran darah (kardiovaskuler) yang terganggu sebagai berikut :

a. Angina Pectoris (nyeri dada)

Gejala angina pectoris berupa nyeri dada akibat infrak miocard accut yang menjadi gejala penyakit jantung. Nyeri dada seperti ditekan benda berat yang dapat terjadi di seluruh bagian dada. Nyeri pada dada terjadi sekitar beberapa menit atau kadang hilang kadang timbul.Pemeriksaan pada kasus ini biasanya dilakukan dengan melihat bidang dada, bahu dan leher. Jika terjadi ketidak harmonisan, dokter mencurigainya sebagai serangan jantung. Serangan ini berlalu setelah 130 menit diberikan notroglycerin. Pada kasus noncoroner, gejala ini bisa terjadi akibat emboli (gelembung) yang mengganggu pembuluh darah paru, neurotic pada aorta, gangguan pada perut (gastrointestinal) dan masalah psikologis.

b. Dyspnea (keuslitan bernapas)

Gejala ini sering menandakan kegagalan jantung, akibat otot jantung tidak mampu bekerja dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, penderita harus tidur telentang dan kepalanya diganjal dua atau tiga bantal. Kesulitan bernapas ini sering diakibatkan oleh tidak efektifnya jantung memompa darah, sehingga paru-paru kekurangan darah. Di samping akibat lemah jantung, gejala ini karena pembesaran jantung.

c. Palpitation (jantung berdebar)

Gejala palpitation berupa rasa seperti tertumbuk di rongga dada dan jantung. Jika penyebab penyakit jantung ini dilihat dengan mata telanjang, penyebabnya sulit diketahui secara pasti, karena sangat banyak kemungkinan penyebabnya. Karenanya perlu dilakukan pemeriksaan kecepatan debar jantung dan frekuensinya serta berbagai faktor penyebab lainnya. Jantung berdebar umumnya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini menyebabkan terjadinya penyempitan pada katup jantung sehingga menyebabkan kebocoran.

d. Syncope (pingsan)

Penderita syncope (pingsan) bisa sampai kehilangan kesadaran. Ditinjau dari etimologi, penyakitnya bisa disebabkan gangguan detak jantung, gangguan dinding jantung, dan tekanan darah tinggi, sehingga detak jantung menjadi tidak berirama atau tidak beraturan.

e. Fatigue (keletihan)

Penyebab penyakit jantung memiliki gejala berupa gagal jantung yang disebabkan terganggunya fungsi katup mitral pada jantung, klep paru atau klep aorta yang selalu diikuti oleh gejala (symptom) anemia yang menyebabkan penderita lemah dan tidak bergairah. Kelelahan juga kerap anda rasakan meskipun anda tidak sedang melakukan aktifitas yang berat. Rasa lelah juga sering anda rasakan ketika bangun tidur. Sekitar 70 % kelelahan merupakan gejala awal dari penyakit jantung yang berakibat kurangnya oksigen menuju ke jantung.

f. Cough (batuk-batuk)

Cough atau batuk-batuk disebabkan tidak terkendalinya produksi lendir karena tingginya tekanan darah di paru-paru yang salah satunya akibat tekanan darah tinggi. Dalam kasus ini terjadi penumpukan lendir dalam paru-paru. Gejala penyakit jantung yang timbul antara lain penderita merasa sesak dan sakit di dada bagian tengah.

g. Hemoptysis (darah berbusa)

Gejala ini terjadi akibat adanya gangguan pada katup mitral, infrak paru, atau emboli pada paru. Gejala ini diduga memiliki hubungan yang signifikan dengan tuberculosis yang diderita pasien.

h. Cyanosis (kadar hemoglobin menurun)

Turunnya kadar hemoglobin dalam pembuluh darah menimbulkan gejala peradangan pada mata, mulut dan bibir. Untuk mengetahui penyebabnya perlu dilakukan penelitian intensif. Biasanya gejala ini terjadi akibat produksi darah merah dalam tubuh tidak normal.

i. Edema (Lendir berkumpul)

Akibat pengumpulan lendir di pembuluh darah, pengiriman darah ke vena terganggu. Pada kodnisi ini cairan dapat masuk ke pembuluh kapiler dan menyebabkan paru-paru dan pembuluh darah halus disekitarnya terganggu. Jantung pun menjadi lemah akibat suplai darah yang dikirim paru-paru ke serambi kiri berkurang.

Penyebab penyakit jantung

1. Gaya Hidup

Gaya hidup memiliki pengaruh yang penting untuk kesehatan jantung anda. Gaya hidup yang tidak teratue seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, doyan dugem, tidur tidak teratur, anak meningkatkan peluang munculnya gejala penyakit jantung.

2. Keturunan dan penyakit kronis

Sebagian dari anda yang memiliki orang tua dengan riwayat penyakit jantung, maka anda memiliki peluang untuk terkena gejala penyakit jantung seperti orang tuanya. Selain dari keturunan, penyakit kronis juga merupakan pemicu penyebab penyakit jantung. Penyakit kronis yang dimaksud seperti diabetes dan obesitas yang berpotensi tinggi menjadi penyebab penyakit jantung.

3. Kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol menjadi penyebab penyakit jantung nomor dua untuk penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah memicu pembentukan p;ak di pembuluh darah yang menunggu pasokan darah normal untuk tubuh dan menyebabkan gagal jantung.

4. Tekanan darah tinggi

Musuh yang paling utama penyebab penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi. Setiap adanya kasus kematian akibat serangan jantung karena tekanan darah tinggi. Bagi anda yang memiliki hipertensi ada baiknya anda terus mengontrol kesehatan jantung anda setidaknya tiga kali dalam setahun untuk mengurangi munculnya gejala penyakit jantung.

5. Usia dan Jenis Kelamin

Untuk anda yang berusia diatas 65 tahun memiliki peluang besar terkena penyakit jantung. Penyakit jantung sebagian besar menyerang pria dari pada wanita.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Penyakit Jantung and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *